18 Desember 2011

cara ketahui keaslian foto

photoshop,identifikasi foto,foto digital,adobe

"ahh... ini sotosop nih" (sotosop: plesetan photoshop yang sering disebut anak2 forum di dunia maya) begitulah salah satu reaksi dari netizen yang kerap muncul jika mengomentari sebuah foto yang dicurigai aneh dan kurang wajar.

Komentar bernada kurang yakin tsb berkembang seiring dengan pesatnya kemampuan Teknologi Informasi dalam hal pengolahan citra.Tak dapat dipungkiri jika kini hanya dengan berbekal software pengolah foto semisal Photoshop dan GIMP kita bisa merubah identitas dan struktur sebuah foto, bahkan kita bisa berperan seolah-olah menjadi Tuhan yang menciptakan Mahluk hidup baru dengan rupa yang benar-benar baru juga, namun hanya pada dunia 2 dimensi bernama foto

Perkembangan teknologi pengolahan citra ini, sayangnya juga terkadang memberikan efek negatif terhadap beberapa pihak yang menjadi korban manipulasi foto, banyak pihak yang (mohon maaf) di manipulasi fotonya, dicrop dan digabungkan sedemikian rupa, hingga seolah-olah sedang berpose nakal dan panas di foto tersebut, bahkan ada beberapa kasus manipulasi foto ini untuk kepentingan politik dan mengacaukan situasi negara, hal tsb tentu tidak benar dan pantas untuk direduksi agar tidak menjadi eskalasi yang merugikan.Salah satu caranya adalah dengan mengidentifikasi keaslian apakah foto tsb asli atau hasil modifikasi/manipulasi.Bagaimana caranya? sebenarnya ada banyak cara, mulai dari perhitungan rumit, hingga menggunakan software khusus, bahkan bisa menggunakan software photoshop itu sendiri.

Namun bagi anda yang ingin belajar sebagai pemula dan tak ingin ribet2 untuk mengetahui keaslian sebuah foto, anda bisa membacanya di ebook yang bernama IDENTIFIKASI KEASLIAN FOTO DIGITAL, yang bisa di download melalui link dibawah ini:

http://www.ziddu.com/download/17493674/IDENTIFIKASIKEASLIANFOTODIGITAL.pdf.html

trims :)

6 komentar:

  1. di salah satu forum seperti kask*s sering bagnet nih nampilin yg kayak beginian,,,

    terkadang hasil soto inilah yg menjadi seni..

    BalasHapus
  2. Bener banget bro.Tapi ini seperti 2 sisi mata uang.Ada yang sisi positif dan negatifnya.Jadi tinggal kita yang pintar-pintar memilah.:D
    Visit back:coretanrifqi.blogspot.com

    BalasHapus
  3. benr banget negatifnya juga buanyak positifnya juga buanyak banget

    BalasHapus

 

lafalofe Copyright © 2011 | Template design by O Pregador | Powered by Blogger Templates