29 Maret 2009

gerbang logika


gerbang logika,digital,and,or,xor


gerbang logika atau gerbang logika boolean??
apaan sih tuuhhh??
bagi mahasiswa atau orang yang antusias dengan elektronika maupun informatika dan dunia digital pasti tahu lah apa itu gerbang logika,
namun, ada baiknya sebelum lanjut baca, cek dan kasih koment artikel ini dulu dunk, pliss klik disini

Gerbang logika atau sering juga disebut gerbang logika boolean merupakan
sebuah sistem pemrosesan dasar yang dapat memproses input-input yang berupa bilangan biner menjadi sebuah output yang berkondisi
yang akhirnya digunakan untuk proses selanjutnya.
Gerbang logika dapat mengkondisikan input-input yang masuk kemudian menjadikannya sebuah output yang sesuai dengan apa yang ditentukan olehnya.
Jadi sebenarnya, gerbang logika inilah yang melakukan pemrosesan terhadap segala sesuatu yang masuk dan keluar ke dan dari komputer
Maka dari itu, sebenarnya sebuah perangkat komputer merupakan sebentuk kumpulan gerbang-gerbang digital yang bekerja memproses sesuatu input, menjadi output yang diinginkan.

macam-macam gerbang logika itu sendiri adalah :

1.Gerbang NOT
Gerbang NOT sering disebut juga dengan istilah inverter atau pembalik. Logika dari gerbang ini adalah membalik apa yang di-input ke dalamnya. Biasanya input-nya hanya terdiri dari satu kaki saja. Ketika input yang masuk adalah 1, maka hasil output-nya adalah 0. Jika input yang masuk adalah 0, maka hasil output-nya adalah 1. Banyak sekali penerapan gerbang NOT ini pada rangkaian digital, meskipun fungsinya sangat sederhana.

2.Gerbang AND
Gerbang AND memiliki karakteristik logika di mana jika input yang masuk adalah bernilai 0, maka hasil outputnya pasti akan bernilai 0. Jika kedua input diberi nilai 1, maka hasil output akan bernilai 1 pula. Logika gerbang AND bisa diumpamakan sebagai sebuah rangkaian dengan dua buah saklar yang disusun secara seri. Jika salah satunya memutuskan hubungan rangkaian, maka hasil yang dikeluarkan dari rangkaian tersebut adalah 0. Tidak peduli saklar manapun yang diputuskan maka hasil akhirnya adalah 0. Ketika kedua buah saklar terhubung dengan rangkaian bersamaan, maka hasil akhirnya barulah bernilai 1.

3.Gerbang OR
Gerbang OR digambarkan sebagai Gerbang Penjumlah. Gerbang OR berbeda dengan gerbang NOT yang hanya memiliki satu input, gerbang ini memiliki paling sedikit 2 jalur input. Artinya inputnya bisa lebih dari dua, misalnya empat atau delapan. Yang jelas adalah semua gerbang logika selalu mempunyai hanya satu output. Gerbang OR dapat dikatakan memiliki karakteristik “memihak 1”, di mana karakteristik logikanya akan selalu mengeluarkan hasil output bernilai 1 apabila ada satu saja input yang bernilai 1. Jadi gerbang logika ini tidak peduli berapa nilai input pada kedua sisinya, asalkan salah satunya atau kedua-duanya bernilai 1, maka outputnya pasti juga akan bernilai 1. Logika gerbang OR ini dapat diumpamakan sebagai sebuah rangkaian dengan dua buah saklar yang terpasang secara paralel.
Apabila salah satu saklar memutuskan hubungan (bernilai 0), maka output-nya tetaplah bernilai 1 karena input yang lain tidak akan terputus hubungannya dengan output. Apabila kedua input bernilai 0, maka output barulah benar-benar terputus atau bernilai 0. Jika keduanya bernilai 1, maka output juga akan bernilai 1.

trus ada lagi pengembangannya, yaitu :

4.Gerbang NAND
Gerbang logika NAND merupakan modifikasi yang dilakukan pada gerbang AND dengan menambahkan gerbang NOT didalam prosesnya. Maka itu, mengapa gerbang ini dinamai NAND atau NOTAND. Logika NAND benar-benar merupakan kebalikan dari apa yang dihasilkan oleh gerbang AND. Di dalam gerbang logika NAND, jika salah satu input atau keduanya bernilai 0 maka hasil output-nya adalah 1. Jika kedua input bernilai 1 maka hasil output-nya adalah 0.

5.Gerbang NOR
Gerbang NOR atau NOT-OR juga merupakan kebalikan dari gerbang logika OR. Semua input atau salah satu input bernilai 1, maka output-nya akan bernilai 0. Jika kedua input bernilai 0, maka output-nya akan bernilai 1

6.Gerbang XOR
Gerbang XOR merupakan singkatan dari kata Exclusive-OR. Sesuai dengan namanya, gerbang logika ini merupakan versi modifikasi dari gerbang OR. Jika pada gerbang OR Anda akan mendapatkan hasil output yang serba 1 jika salah satu input atau keduanya bernilai 1, tidak demikian dengan XOR. Gerbang logika ini hanya akan mengeluarkan hasil output bernilai 1 jika hanya salah satu input saja yang bernilai 1. Maksudnya jika kedua input bernilai 1, maka hasil output-nya tetaplah 0.
Jadi dengan demikian, logika XOR tidak akan membiarkan kedua input bernilai sama. Jika sama, maka hasil output-nya adalah 0.

7.Gerbang XNOR
Gerbang XNOR atau Exclusive NOR ini mungkin tidak terlalu sering terdengar, namun aplikasinya cukup lumayan penting juga. Gerbang logika XNOR memiliki kerja ebalikan dari XOR. Jika pada gerbang logika XNOR terdapat dua input yang sama, maka gerbang XNOR akan mengeluarkan hasil output bernilai 1. Namun jika salah satunya saja yang berbeda, maka nilai output pastilah bernilai 0.

itu dia gerbang logika yang masih ada dan dikembangkan karena kebutuhan manusia, mungkin akan terdapat macam2 selanjutnya jika memang di butuhkan,

trimss,

NB: artikel ini memang terlihat seperti kopi-paste, karena memang demikian, artikel ini saya copast dari email yang dikirmkan kepada saya oleh teman saya, tanpa saya tahu dia dapat dari mana, bagi anda yang membaca dan menyadari bahwa artikel ini adalah milik buah pemikiran anda, maka saya mohon maaf yang sebesar-besarnya, mohon klaim artikel ini sebagai milik anda dengan mengisi kolom komentar, trims sekali lagi....


17 komentar:

  1. wah ini bacaan tingkat tinggi, hanya orang2 yang suka dengan angka yang suka dengan bacaan-bacaan seperti ini...
    tp pengetahuan nee buat orang yang ga ngerti seperti saya!hehehe

    BalasHapus
  2. wah ini bener bener perlu banget buat yang penegn nguasai pemrograman mikro dan plc... ayo belajar lagi ah

    BalasHapus
  3. hua hua ......oyat paling lambat dibidang ini tapi sip lah ....pas praktein pada binggung .
    dimana oyat nyolock kabel nya....

    gimana hasil iklanya om lancar?

    BalasHapus
  4. @EMBAH,ini mah bukan tingkat tinggi, masih tingkat dasar,
    @love, thx and belajar yah
    @oyat, lancar sob

    BalasHapus
  5. kasih contohnya donk!

    BalasHapus
  6. thanks bwt infonya bro....sangat membantu buat timpus di laporan gw...:)

    BalasHapus
  7. emm..mav nih.. setau sayah kalo seri itu jika salah satu saklar di putus..maka mati semua..
    bener gag c..??
    kok di atas..seri ; apabila salah satu diputus, maka yang lain tetap nyala..??
    jd bingung.>!!!!

    BalasHapus
  8. trimakasih atas koreksinya, memang ada keterbalikan bahasa nampaknya, akan saya koreksi segera

    BalasHapus
  9. Thanx atas artikelnya..
    Saya jadi bisa buat tugas dari kampus..
    hahaaaa....

    BalasHapus
  10. makasih y gan...ane jd lbih pham...

    BalasHapus
  11. hmmm.. gerbang logika.
    sebuah cara yang unik..
    dengan berbagia operasi AND, OR, NOR, NOT, XOR, dll.
    Gerbang logika atau sering juga disebut gerbang logika boolean merupakan
    sebuah sistem pemrosesan dasar yang dapat memproses input-input yang berupa bilangan biner menjadi sebuah output yang berkondisi
    yang akhirnya digunakan untuk proses selanjutnya.
    Gerbang logika dapat mengkondisikan input-input yang masuk kemudian menjadikannya sebuah output yang sesuai dengan apa yang ditentukan olehnya.

    BalasHapus
  12. gambarnya lebih detail donk. ,
    jangan cuma satu / /

    BalasHapus
  13. infonya sangat bermanfaat gan keren
    lam kenal follow back ya gan

    BalasHapus
  14. bagus artikelnya..hehehe
    tambah ilmu lagi...

    BalasHapus
  15. bahasanya terlalu tinggi buat pelajar smk kaya ane :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehee rencananya ini targetnya buat bocah kuliahan gan, maaf kalo kurang bisa dimengerti :)

      Hapus

 

lafalofe Copyright © 2011 | Template design by O Pregador | Powered by Blogger Templates