26 Maret 2010

tidak bisa buka file exe




Saat itu saya iseng-iseng buka email saya yang tergabung dalam sebuah milis (mailing list) yang khusus membahas perkembangan dunia IT dan komputer serta berbagai permasalahannya, nah ada sebuah email yang merupakan curhatan dari salah seorang member, dia menyatakan jika komputernya terinfeksi virus, yang efek dari virus itu adalah tidak dapat membuka file dengan ekstensi .exe (cannot run exe files)


wah gawat juga tuh, padahal dalam sistem operasi windows file exe kan merupakan file vital dan amat fatal jika file exe sampai gak bisa dibuka, nah dari email tersebut munculah diskusi menarik antar member, ada yang menyatakan bersimpati namun tidak bisa membantu ada juga yang mengatakan mengalami hal yang sama dan menganjurkan hal extreem yaitu install ulang (re-install), nah ada seorang member yang sepertinya sudah master dan jagoan dalam dunia komputer berbasis windows mengatakan jika solusinya adalah buka regedit(registry editor) lalu pastikan handler (shell) sudah tersetting dengan benar

sepintas apa yang member jagoan tersebut katakan benar dan bisa jadi itulah yang menjadi solusinya, namun, friend, sayangnya program regedit itu adalah file exe dan apabila anda paksakan membukanya melalui cara manual, maka yang akan anda dapatkan adalah seperti gambar dibawah ini:



hmm, jadi bagaimana solusinya, apakah harus mengikuti saran untuk menginstall ulang seluruh sistem windowsnya???? nyatanya tidak, friend, yang perlu anda lakukan adalah mengikuti beberapa langkah simpel dibawah ini:

1. Buka command.com, caranya ketikkan command.com di program Run (pengguna windows xp), atau cari di search form pada start menu, lalu ketikkan command, setelah itu pilih file command yang berekstensi com, jadi bukan CMD, karena CMD adalah file exe

2. jika sudah masuk jendela command, maka ketikkan cd\ , enter

3. setelah itu ketikkan cd windows, enter

4. lalu ketikkan regedit.exe, enter

5. jika langkah ke-empat tidak bisa, maka ketikkan copy regedit.exe regedit.com, enter, setelah itu ulangi langkah ke-4

6. setelah jendela regedit terbuka, maka navigasikan ke "HKEY_CLASSES_ROOT\exefile\shell\open\command"

7. setelah itu cek di kolom name apakah ada nama default, jika tidak buat saja caranya klik kanan pada kolom name tsb lalu new > string value, lalu beri nama Default

8. nah, setelah langkah 7 aman, maka pastikan key dalam registry tersebut mirip dengan gambar dibawah ini (click saja gambarnya untuk memperbesar):




9. simpan pekerjaan anda dengan menutup regedit dan command

10. jika belum berhasil juga, ada baiknya anda mengikuti cara yang tersaji di: http://support.microsoft.com/kb/555067

36 komentar:

  1. mas ane mw exchange link dong,gimana caranya nih?

    BalasHapus
  2. thank you tutorialnya, tapi saya pakai linux :)

    BalasHapus
  3. mantab... pernah jg nih kek gini :D

    BalasHapus
  4. Ouwh!
    Begitu yah!
    sip dah klo da cara laen slain install ulang! ((:

    BalasHapus
  5. sangat berguna memang artikle sobat ini..
    ok sobat saya terapkan, dan semoga tidak terjai,ini merupkan pilihan solusi yang sangat dianjurkan selain re-install...
    terimaksih banyak sobat

    BalasHapus
  6. boleh juga, dengan comand prompt aq biasanya hanya di gunakan untuk mendetek virus. tapi tak tau cara bnerin file exe yg kena infeksi....

    BalasHapus
  7. Wah info yang sangat menarik sob.. aku juga pernah nih ngalaminnya.. aku coba dulu ya.. tx

    BalasHapus
  8. Ok mantap betulllllllllll ............ moga2 berhasil neh buka semua file exe sy

    BalasHapus
  9. bisa juga toh lwt jalan lain

    BalasHapus
  10. Trik yang jitu sob.... Tapi virus bisa ngerubah command gak, selain execution?

    BalasHapus
  11. @Enes: sepengalaman saya belum, sob, kecuali kalo tuh virus dirakit pak bahasa assembler, jadi bisa aja dia ngeinfeksi file dengan extensi com

    BalasHapus
  12. wah-wah..
    tips nya bagus..
    tp cara itu gak selalu berhasil loh.

    BalasHapus
  13. @Sharing ilmu: wah, mmmm, betul juga sob, kemungkinan itu memang ada, BTW ada saran untuk cara yang lebih bagus lagi :)

    BalasHapus
  14. makasih tipsnya, nanti tak coba kalau kena virus itu....

    BalasHapus
  15. siap nih..!

    kenap pirus ato kompi warnet bisa dicoba kan..? :D

    BalasHapus
  16. ow.. ternyata beegitu ya sob caranya....

    BalasHapus
  17. Mantttaaaapppbbbbsss infonya, sob... lanjuuuutttt... dan semoga sukses yaaa.... http://salonoyah.blogspot.com

    BalasHapus
  18. wah terjawab juga disini..solusinya..ane pernah instal di komp temen gak bisa buka exe..tenyata carnya gitu..kalo msconfig gak bisa kebuka kenapa ya bro..pengaruh virus bukan..?

    BalasHapus
  19. perlu kita cermati bareng neh,,,satu ulasan yang memang kerap kita temui sehari-hari,yang kadang jelas menggangu kita dalam aktifitas kita,,,salam


    www.wantduit.blogspot.com

    BalasHapus
  20. wah manfaat banget,,nanti aq coba ah kl nemu file exe lagi,,mksh infonya,,,ikut follow juga ya ^_^

    BalasHapus
  21. Gan ane mau nanya nih. Ane pernah kek gitu , trus ane setres, makanya ta instal ulang, setelah di instal ulang, kan masuk ke yang harus isi SERIAL NUMBER. nah di sebelum itu comp ane pasti MATI sendiri, ENTAH kenapa . ada yang bisa bantu ? mail ke dimas_autis@yahoo.com / di MAIL DI FACEBOOK dimas_autis@yahoo.com Terimakasih sebelumnya.

    BalasHapus
  22. saya juga pernah ngalamin ni..n karena g bisa diselesaikan pake cara apapun terpaksa dech ambil jalan terakhir yaitu instal ulang..:)

    BalasHapus
  23. sob
    komputer gue searchnya hilang
    jadi gmn tuh????

    BalasHapus
  24. Semua program tambahan di laptop gw ga bisa dibuka
    kaya' game dan temen2nya gimana ada yang bisa bantu? mail ke gkrm_iluq@yahoo.com

    BalasHapus
  25. Mas,komp saya sudah discan sama antivirus,tapi knp tiba2 msh seperti itu ya mas?
    jwb ke email:andika_sinji@ymail.com

    BalasHapus
  26. gak usah lama-lama tinggal buka notepad dan tulis dibawah ini yg berformat {.inf} dan klik kanan ada tulisan instal klik

    [Version]
    Signature=”$Chicago$”
    Provider=Bikin Dewe

    [DefaultInstall]
    AddReg=UnhookRegKey
    DelReg=del

    [UnhookRegkey]
    HKLM, Software\CLASSES\batfile\shell\open\command,,,”"”%1″”%*”
    HKLM, Software\CLASSES\comfile\shell\open\command,,,”"”%1″”%*”
    HKLM, Software\CLASSES\exefile\shell\open\command,,,”"”%1″”%*”
    HKLM, Software\CLASSES\piffile\shell\open\command,,,”"”%1″”%*”
    HKLM, Software\CLASSES\regfile\shell\open\command,,,”regedit.exe”%*”
    HKLM, Software\CLASSES\scrfile\shell\open\command,,,”"”%1″”%*”

    BalasHapus
  27. punya saya gak bisa jalanin perintah copy regedit.exe regedit.com,,, jadi berhenti sampai situ aja..
    gmn ni broww?? ada solusi nggak... minta bantuannya

    BalasHapus
  28. gan, win7 gabisa buka command.com T_T
    gimana carana buka cmd prompt'na

    BalasHapus
  29. isnt working bro....

    BalasHapus
  30. kalo dengan windows 7 gimana gan ?
    laptop kalo ane
    gara gara file autorun.exe di modem ane iseng, di open with nya ane ke klik windows media center ..
    eh semua aplikasi yang saya download seperti foobar2000, yahoo messenger, format factory, dll
    gambar nya jadi windows media center ..
    caranya gimana tuh gan, ane udah otak-atik masih ngga bisa dibuka semua aplikasi nya !!

    BalasHapus
  31. waktu klik cd windiws, yg muncul "the system cannot find the path specified"
    gimana ni kk

    BalasHapus
  32. sudah di coba, tapi kog " open" dan "command " gak ada.. sampe shell doank

    BalasHapus
  33. Permisi mas,laptop saya gak bisa jalanin exe tapi sebelum itu ada tulisan Mgassist.exe has stopped working. Gimana nih solusinya mas? Mohon bantuannya...

    BalasHapus

 

lafalofe Copyright © 2011 | Template design by O Pregador | Powered by Blogger Templates