23 Januari 2009

Aku Untuk Negriku








"Yang dapat bertahan ditengah kehidupan yang keras bukanlah mereka yang paling kuat, melainkan mereka yang paling lentur"

--Mario Teguh--



Berubahlah Bangsaku


Bangsa Indonesia adalah bangsa yang sangat besar diantara bangsa-bangsa lain di seantero dunia,Kenapa bisa disebut demikian ?? karena bangsa indonesia memiliki hal-hal yang bangsa lain inginkan , sebagai salah satu contohnya adalah SDA yang melimpah serta tenaga dari SDM yang jumlahnya sangat besar, bangsa indonesia pun dalam sejarahnya memiliki kisah perjalanan yang sangat bernilai, mulai dari kerajaan-kerajaan nusantara yang ada di indonesia yang menurut sejarahnya adalah kerajaan-kerajaan yang kuat dan memegang peranan penting di kawasan, selain itu juga terdapat kisah-kisah perjuangan serta kepahlawanan yang sangat agung, seperi kisah perjuangan dan kepahlawanan salah satu pahlawan nasional favorit saya, beliau adalah panglima besar soedirman, yang berjiwa sangat patriotik, memiliki kecerdasan tinggi sehingga mampu memimpin pasukannya menuju kemenangan.

Tetapi, apa yang terjadi saat ini?? banjir dan bencana alam lain yang seharusnya dapat di antisipasi sebelumnya oleh pemerintah serta masyarakat terus menerus berulang, hutan-hutan di gunduli tanpa manajemen serta tanggung jawab yang jelas, tata kota dan negara seakan tak terkoordinir, rakyat-rakyat miskin sudah terbiasa menderita, anak-anak kecil dari golongan masyarakat yang perlu dibantu pun harus terbiasa menkonsumsi nasi aking tanpa lauk pauk bergizi, sehingga tidak heran jika banyak yang kurang gizi serta busung lapar, di tengah problem yang belum usai tersebut, para politikus malah saling berebut kekuasaan dengan mengatasnamakan rakyat hanya pada saat kampanye saja, selebihnya setelah berkuasa kebanyakan mereka bersikap tidak serius.walaupun, sebagian diantara mereka juga ada yang serius mengatasi problema bangsanya, namun yang rakyat harapkan bukanlah sebagian atau hanya beberapa, karena sudah seharusnya seluruh politikus yang berkuasa menggunakan kekuasaanya untuk kesejahteraan rakyatnya serta kemajuan bangsanya

. Ayo para politikus yang sedang berkuasa, kalian pasti bisa untuk melakukannya, majukan bangsamu serta sejahterakan rakyatmu !!!!

Namun, seluruh masalah tersebut bukan hanya disebabkan dan menjadi tugas pemerintah semata, karena sesungguhnya kita hidup dalam sistem demokrasi dimana pemerintahan dari rakyat, untuk rakyat, dan oleh rakyat.Karena itu, sebenarnya rakyat lah yang seharusnya pemegang peranan penting untuk memajukan bangsa demi kepentingan kita semua, oleh karena itu di perlukanlah sebuah perubahan yang akan membawa kita kepada hal baru, asing, dengan risiko yang kurang bisa diperhitungkan, serta akan menimbulkan pergolakan dan pergerakan entah itu baik ataupun buruk.
Walaupun suatu perubahan memiliki faktor risiko yang cukup besar, namun akan lebih berisiko lagi jika kita hanya diam mengikuti perubahan-perubahan yang terjadi dan dilakukan oleh bangsa-bangsa lain yang menyebabkan dunia akan semankin keras.Percayalah, jika kita menganggap kita kuat, sehingga berani menghadapi kerasnya kehidupan, maka kita salah besar, karena kita hanya akan remuk bahkan hancur jika harus menghadapi kekuatan dari kerasnya kehidupan, yang setiap waktu akan terus bertambah keras.
Setelah kita memahami makna serta pentingnya perubahan, akan timbul pertanyaan, bagaimana melakukannya?? apkah harus ketik reg_berubah lalu kirim ke xXxX ?? tentu tidak sama sekali.

Dalam kehidupan, banyak yang berbicara tentang perubahan itu sebenarnya datang dari diri sendiri, hal ini memang sangat benar, namun kita juga harus melihat faktor-faktor eksternal yang menyebabkan seorang bisa berubah, tentunya lingkungan adalah faktor tersebut.Karena itu diperlukan suatu pergerakan untuk perubahan secara bersamaan, yang dimana setiap individu dari suatu bangsa melakukan perubahan-perubahan.

Baiklah tanpa banyak basa-basi yang bisa jadi basi, saya menawarkan konsep perubahan untuk kemajuan bangsakudengan membaginya menjadi tiga level yaitu level individu, lingkungan, pemerintahan.




A. Individu

1.

Rombaklah pola fikir anda sehingga membuat pikiran anda terbuka untuk ide-ide baru. ini penting, karena sebuah perubahan memerlukan wadah untuk diolah, yaitu fikir(otak) anda.
2.

Rombaklah cara memandang anda, bukan cara memandang lawan jenis lho, tapi lebih kepada memandang suatu permasalahan.Biasakanlah memandang sesuatu secara 360o memandang sesuatu secara utuh dengan melihat faktor, alasan, keadaan, dan tujuan suatu permasalahan.
3.

Rombaklah dan seleksilah kebiasaan anda, singkirkan kebiasaan tsb jika kebiasaan tersebut berdampak negative bagi anda dan/atau orang lain.
4.

Hentikan kebiasaan menunggu serta menunda kewajiban dan hak anda.


B. Lingkungan


1.

Hilangkan pengertian dalam lingkungan yang menilai kehormatan seseorang karena tingkat ekonominya, ubahlah menjadi suatu pengertian lingkungan yang menilai suatu kehormatan dari seseorang adalah karena kemampuannya menjaga kehormatannya dengan tidak melanggar norma-norma kebaikan apapun yamg berlaku di lingkungannya.
2.

Bentuk suatu lingkungan yang lebih menghargai proses dan usaha dari pada hasil, karena lingkungan yang terbentuk saat ini lebih mempersuasi individu untuk hanya menilai hasil dari suatu proses, serta mengabaikan proses tsb, karenanya banyak orang takut gagal karena takut dipergunjingkan kegagalannya.
3.

Lingkungan harus memberikan keadilan awal yang setara dan memberikan hasil berdasarkan kontribusi, yang dimana sesorang wajib melakukan sesuatu sebaik mungkin untuk mendapatkan hal yang diinginkannya.hal ini dapat kita analogikan dengan operasi penjumlahan dimana lingkungan harus memberikan modal dasar yang setara misalnya : 5

dan tiap individu wajib berusaha keras demi mendapatkan penilaian yang sesuai.

4.

Perkuat sistem filtrasi lingkungan, hal ini untuk mencegah masuknya hal yang negative dan cenderung merugikan, karena dalam setiap perubahan pasti akan ada hal-hal baru yang akan memasuki wadah lingkungan.




C. Pemerintahan

1.

Perbaiki manajemen keuangan negara, dan buat segala sesuatu seefisien mungkin untuk kepentingan rakyat tanpa pemborosan dan kesia-siaan.
2.

Perbaiki sistem manajemen pengelolaan negara dan birokrasi, pangkas sitem birokrasi yang membuat ketidakefektifan dan ketidakefisienan.


Begitulah konsep sederhana yang saya tawarkan semoga sedikit membantu anda dan bangsa dalam menghadapi perubahan dengan melakukan perubahan.

Salam Perubahan.

18 komentar:

  1. weh... pertamanya.
    setujuuuuuuuuuuuuu :D

    BalasHapus
  2. merdeka indonesia,, merdeka blog lafa

    BalasHapus
  3. wah perombakannnya menyeluruh BRO!!!
    AKU SETUJU....
    SEKALI2 DAFTARIN DIRI JADI caleg BRO

    BalasHapus
  4. @masakan kita: makasih udah se7
    @Babyhax:thanks yahh
    @kang assasin:merdeka !!!!
    @ahmaddin Noe:makasih, wah jadi caleg gaimana yahh?? hehehehe,
    @semua(all): makasih atas komentarnya.

    BalasHapus
  5. setuju banget tuh....memang Indonesia harus berubah!!! yu qta mlai dari perubahan diri sendiri... tularkan kpda orang lain, ciptakan lingkungan positif...bersatu...berjuang mewujudkan cita2 indonesia satu,adil&makmur,masyarakt cerdas, hidup rukun,saling menghormati,toleransi.

    Hidup Indonesia q...

    BalasHapus
  6. Menurut saya sih perubahan itu mulai dari diri sendiri dulu, 1st of all harus bangga sebagai indonesian

    2nd harus juga keep semua budaya bangsa, well supaya ndak di caplok negara lain terus...

    gimana??

    BalasHapus
  7. may be this article can be proposal to our country....!

    are indonesia can change in 2009 !

    we see till pemilu, and who the president be vote !

    by the way that's nice post

    BalasHapus
  8. makasih semuanya, saya harap tulisan sederhana ini bisa walau sangat sedikit, menjadi berguna untuk bangsa

    hidup Indonesia !! merdeka !!

    BalasHapus
  9. makasih semuanya, saya harap tulisan sederhana ini bisa walau sangat sedikit, menjadi berguna untuk bangsa

    hidup Indonesia !! merdeka !!

    Salam Perubahan !!

    BalasHapus
  10. merombak paradigma kehidupan bernegara memang harus melalui jalan yang panjang ya. oleh karena itu...mulailah dari diri sendiri...sekarang juga :)

    artikel yang luar biasa :)

    BalasHapus
  11. Indonesia harus maju sobat, karakter bangsa harus ditunjukkan kepada dunia. Ingatlah sobat, bangsa Indonesia adalah pewaris sejati Penguasa Nusantara, dan itu adalah kita semua, bangsa Indonesia bukan bangsa lain!!!
    Mengenai adanya kemunduran yang berupa korupsi, kolusi, nepotisme, sikap apatis, sikap pesimis, illegal logging, perambahan hutan, polusi, dibodohi oleh teknologi negara maju, penurunan prestasi di cabang olah raga, dicaci, dimaki, direndahkan...dsb, itu adalah penyakit yang dapat kita atasi dengan kebulatan tekad kita bersama.
    Jika dulu ada Sumpah Palapa, Sumpah Pemuda, Proklamasi dll, kini kita tidak perlu bersumpah. Yang kita perlukan adalah mempersiapkan diri kita menghadapi kompetisi global, secara keilmuan di segala bidang. Sanggupkah kita??? HARUS SANGGUP!!!!!!!!
    Siapa yang gak sanggup, tunjukkan tangan lalu berusahalah sobat. Nikmat Allah Yang Maha Kuasa sangat melimpah, untuk apa kita bermuram durja, meratapi hidup yang hanya sebentar ini. Mari kita isi ya sobbb.......meski letih langkah ini tapi semangat, jangan tanya sobb,,,,harus tetap berkobar......

    Cheers, frizzy2008.
    Nasionalis kesiangan yang cuma bisa ngomong di sini karena disediakan medianya oleh sobat tercinta, Lafalofe...Peace --Slanker mode: on--

    BalasHapus
  12. Semua berawal dari hal kecil y.. Dari diri sendiri!!

    BalasHapus
  13. salut buat anda, masih mencintai negeri ini
    http://pangaloan.blogspot.com/..

    BalasHapus
  14. setuju banget tuh....
    memang Indonesia harus berubah!!!
    Perubahan itu setidaknya qta mlai dari perubahan diri sendiri dulu :)

    BalasHapus
  15. mantap banget bang...

    hutanku rusak..
    Langitku bocor..
    udara yang aku hisap tercemar..
    makanan yang aku makan racun.. (if-->hijau)


    Perubahan dibangun dari kesadaran,,
    kesadaran dimuLai dari diri sendiri...

    --saLam damai kami sepanjang hari--

    Oi...

    BalasHapus

 

lafalofe Copyright © 2011 | Template design by O Pregador | Powered by Blogger Templates