05 Februari 2009

ISP di Indonesia


mengapa ISP kita terkesan kurang memuaskan dan adakah solusinya??


silahkan baca yang lengkap lalu jangan lupa berkomentar, trimakasih sebelumnya





ISP atau internet service provider adalah perusahaan jasa yang menangani layanan internet,

yang membantu consumennya terkoneksi ke internet, namun apakah sudah benar2 memuaskan dan memenuhi harapan para konsumennya

berikut kita simak sebuah article informatif dari blog om deddy :


"Layanan internet (broadband) di Indonesia adalah salah satu yang terburuk di dunia, bahkan di Asia.

Tingginya tarif internet belumlah sebanding dengan layanan,

yaitu kecepatan akses data yang memuaskan.

Demikian diungkapkan Ketua Lembaga Riset Sharing Vision Dimitri Mahayana di Bandung, Minggu (1/2).

“Tarif internet di Indonesia itu 300 kali lebih mahal daripada di Jepang. Di sana, tarif layanan termurah dilepas di USD 0,13 per megabit/detik.

Di tempat kita, yang paling murah Fastnet, ada di USD 15 per megabit/detik,”

tutur dosen Teknik Elektro Institut Teknologi Bandung ini mengutip data dari riset OECD (Organisation for Economic Co-Operation and Development.

Rata-rata di Indonesia, tarif layanan internet adalah USD 50 (Rp 550.000 per megabit/detik.

Yang jadi masalah, kecepatan akses rata-rata di Indonesia 256 kilobit per detik.

Sementara, kecepatan akses di Jepang mencapai 93. 693 kilobit/detik.

Maka, dari hasil survei Sharing Vision,

kondisi ini mengakibatkan tingkat kepuasan dan ketertarikan berlangganan internet menurun.

Dari 84 persen menjadi 66 persen di tahun berikutnya.

“Kalau lambat dan mahal seperti ini ya repot.

Ibaratnya dengan negara lain, kita naik sepeda mereka naik Rolls-Royce.

Padahal, banyak hal dan ilmu yang bisa kita dapat dari internet,” tuturnya.

Minimnya konten dalam negeri dan lemahnya infrastruktur,

yaitu jaringan backbone di Indonesia adalah beberapa penyebab buruknya layanan internet di negara kita. (kompas)"



Sangat disayangkan ditengah pesat tumbuhnya minat dan semangat masyarakat modern dalam berselancar di internet,

malah harus berhadapan dengan lambat serta mahalnya jasa internet di indonesia,

yang bisa jadi jika minat berinternet turun maka akan semakin banyak

pengguna inet langganan yang berhaenti menjadi langganan,

dan mungkin bisa berdampak pada

tersendatnya informasi untuk masyarakat indonesia
,

karena kita bersama mengetahui bahwa dunia maya memberikan kita

informasi dari seluruh penjuru dunia dengan sangat cepat ,

hmmm, untuk mengatasi hal ini tentunya diperlukan dukungan dari

1. Pemerintah

2. Para ISP

3. Konsumen



adapun hal yang sekiranya dapat dilakukan oleh pemerintah adalah

1. Memberikan stimulus positive bagi terciptanya suatu keadaan koneksi inet yang lebih baik,

yang bisa dilakukan dengan mengawasi persaingan, memberikan kebijakan ekonomi serta politik

yang membawa arus positive untuk para penyedia jasa koneksi internet

2. Menghargai Inovasi anak bangsa serta mendukungnya,

karena sewaktu saya menonton metro TV, ada seorang anak bangsa yang memilik inovasi, yaitu wajan bolic,

kalau tidak salah, yang menurut pengakuannya, dia diundang ke negara-negara lain di luar negri

untuk menjelaskan serta mengajarkan tentang inovasinya tsb, namun menurut pengakuannya lagi,

pemerintah kita belum memberikan respon possitive,

Ayo dong pak/ibu pejabat pemerintahan, lihat sekelilingmu, begitu banyak inovasi serta kreatifitas

yang terkesan di biarkan dan kurang didengar.


selain pemerintah, ISP pun bisa melakukan

1. Menupgrade server, karena saya terkesan dengan tulisan mas Ari Yohannes via milis YF perjuangan

beliau menjelaskan bahwa jika pelanggan jasa koneksi internet kian banyak, namun tidak ada usaha dari ISP untuk

men-upgrade server, maka akan terjadi network yang crowded

2. Menghargai inovasi anak bangsa, yaitu dengan menyewa atau mempekerjakan anak bangsa

yang melakukan inovasi baru serta mempelajari dan menggunakan tekhnology dari inovasi mereka

3. Menabuh genderang perang inovasi dalam hal tekhnology serta promosi dengan ISP yang lain

jangan hanya berminat untuk perang iklan saja, cappeee deehhh

4. Realistis dan jujur, yaitu dengan menjelaskan kepada calon konsumen yang akan berlangganan mengenai

kelemahan serta kelebihan.


konsumenpun bisa melakukan sesuatu, yaitu

1. komplain ke kantor atau dealer ISP tersebut, bisa juga melalui atau via telephone

saya pribadi menghimbau agar jangan mempublikasikan kekecewaan melalui media cetak, maupun elektronik

jika belum melakukan komplain atau protes secara resmi kepada suatu ISP

karena akan mengakibatkan kesimpang-siuran informasi, serta secara tidak langsung merugikan ISP tsb yang seharusnya

didukung bersama.

2. Kritis dan sampaikanlah banyak pertanyaan sebelum berlangganan

3. Mencari informasi serta referensi yang banyak, sebelum berlangganan

4. serta, mencari tekhnologi atau alat untuk mempercepat koneksi internet kita.



baiklah, akhirkata saya ucapkan bahwa semoga jasa ISP di Indonesia semakin membaik.

Terimakasih banyak







14 komentar:

  1. Yaaa gitu loah sob, di negeri kita.
    Penuh dengan orang2 yang memiliki ilmu setengah2 tapi nekat, bilangnya si mau berniat dan berbuat baik untuk bangsa, aku hargai. Tapi itu lho, layanannnya buruk, aku pasrah aj deh...

    Cheers, frizzy.
    lg ngantuukkkk banget sob

    BalasHapus
  2. wakguru pernah 'marah besar' (sebesar apa tuh...!) dgn sebuah ISP krn gak fair dgn konsumen.
    di negeri ini apa yang tidak mahal? hanya satu yg dijual murah, sangat-sangat murah: harga diri.

    BalasHapus
  3. emang bener nie... kapan ya ISP di negeri kita beres, beres harga, beres kecepatan dan beres pelayanan....

    BalasHapus
  4. iyap laf, fastnet sayang cuma di jakarta ma surabaya doank kata temenku :'(

    lha ini yang kita pake sekarang lumayan lah laf, daripada gak ada sama sekali

    :P

    BalasHapus
  5. waka waka emang sial nasip kita ....... coba bandingin dengan qatar ( provider qtel )oyat bisa terbang oi ...nonton om tukul sepuasnya....tapi disini keong batuk ...ampun

    BalasHapus
  6. wah... baru tau detilnya sekarang. sebelumnya cuman tau kalo di Ind memang paling mahal, cuman kalo mbandingin mbok jgn sama Jepang, yg agak setara2 aja... ampun deh kalo sudah bicara ttg kondisi di Jepang, nggak bakal bisa dilawan, BERATZ abiz! :D

    BalasHapus
  7. Hehehehe untungnya saya udah komplain resmi ke ISP saya berlangganan, baru saya posting di blog saya... Wkwkwkwkw

    Iyaah inet di Indo emang muaahhhaalll... Kapan yaa ada yang murah tapi cepet..... Hehehehe Optimis yang pesimis...

    BalasHapus
  8. Sangat memperihatinkan...! mau cepat kaya raya tanpa memperhatikan pelayanan yang mereka berikan...!

    Indonesia oh.. Indonesiaku, kenapa begitu banyak kerakusan dan ketamakan yang melanda kamu...!

    Menumpuk kekayaan sie boleh2 ja, tapi lihat dong konsumen2 nie....!

    BalasHapus
  9. ya namanya juga Indonesia...segalanya nyari untung gede.,

    BalasHapus
  10. Itulah Indonesia Padahal kl dipikir Jml Penduduknya besar yg merupakan potensi yg besar jg, kenapa menjadi mahal? padahal minat masyarakat kini semakin menggebu ditambah semakin meleknya masyarakat akan dunia IT. Sampai kapan ya?

    BalasHapus
  11. Mampir baca untuk menambah ilmu tentang komputer. Terimakasih banyak ya. Artikelnya mantap.

    BalasHapus
  12. Telkom Speedy. Telkom adalah perusahan negara. Dia dibangun untuk membantu kesejahteraan rakyat. Tujuannya sangat mulia. Tapi apa kenyataannya. Telkom di mana saya menyambungkan komputer, telah puluhan tahun menyedot resource dari masyarakatnya sendiri. Coba perhatikan survei dan perbandingan dengan negara lain. Sejak 35 tahun lalu. Apakah pernah tarif telkom lebih rendah dari tarif asia ?
    Sekarang ISP-nya juga sama. Jadi saya mohon, Telkom harus kembali mengenal tujuan perusahaan itu didirikan. Yakni untuk melayani masyarakat. Dengan apa? tidak ada kata lain, dengan layanan paling maksimal, dan tarif yang sangat-sangat murah.
    Jika yang seperi itu diteruskan, maka 5 tahun lagi telkom akan kalah lagi bersaing dengan perusahaan lain. ISP-nya google sudah mengincar pangsa pasar mu.

    BalasHapus
  13. Nih ada ISP baru gan

    PT Dwi Tunggal Putra − ISP Division
    Cyber Building 9th Floor
    Jl. Kuningan Barat No. 8
    Jakarta 12710 - Indonesia
    Phone : +62 21 526 7171

    BalasHapus

 

lafalofe Copyright © 2011 | Template design by O Pregador | Powered by Blogger Templates