10 April 2012

remove avg safe search

Saya merupakan orang yang praktis dan sangat mencintai kepraktisan, termasuk dalam hal berinteraksi dengan komputer maupun internet saya kebanyakan selalu menggunakan shortcut2 ketimbang mengakses dengan cara yang panjang atau menggunakan mouse.

Karena itu, saya menjadi cukup terganggu dengan adanya perubahan pada addressbar mozilla firefox saya, yang biasanya ketika saya ketikkan keyword akan muncul hasil pencarian dari google, tapi suatu saat malah muncul seperti gambar dibawah ini:
avg,avg safe search
yakni yang muncul adalah pencarian dari AVG, meskipun itu powered by google, tapi saya pikir interface google itu lebih praktis dan user friendly, jadi mulailah saya melakukan beragam cara untuk meremove atau mendisable fitur safe search tersebut
google search

Pertama yang saya lakukan adalah mengecek menu ekstensi (extension), ekstensi yang bersangkutan telah saya disable, tapi penyakitnya masih aja muncul

terpaksa saya buka about:config firefox lalu saya menemukan sesuatu yang menarik yang ternyata merupakan sebuah solusi juga, apa itu? lanjut ke segmen berikutnya ya....

Try it by your self

Oke saya ga mau basa-basi, karena sedang badmood nih >:(, langsung aja ya, berikut cara mendisable safe search di address bar firefox

1. Buka firefoxnya
2. ketikkan about:config di address bar
3. ketikkan keyword.url pada form Search yang letaknya ada diatas
4. oiya sebelumnya akan ada kotak peringatan, klik aja tombol "I'll be careful, I promise"
5. nah ketemu deh biang keringatnya, eh penyakitnya maksudnya, hehhee.... keliatan kan di value ada link avgnya?
6. oke kalo mau di disable, langsung aja klik kanan -> reset
7. Abis itu, masukkin url ini di value "http://www.google.com/search?ie=UTF-8&oe=UTF-8&sourceid=navclient&gfns=1&q=" (tanpa tanda petik), caranya adalah klik kanan lagi -> Modify.Oiya apabila anda adalah pengguna setia google.co.id dan mau proses loading lebih cepat, bisa ganti link diatas dengan ini: http://www.google.co.id/search?ie=UTF-8&oe=UTF-8&sourceid=navclient&gfns=1&q=
9. abis itu restart aja firefoxnya
10. Dan jadi deh, avg safe search has been disabled succesfully, ahahahaaa :evil:

okee sedikit klarifikasi saya melakukan disable bukan karena avg safe search itu mengganggu tapi itu lebih kepada hal yang diluar kebiasaan saya, biasanya saya saat mau buka tab baru (menuju web baru) langsung klik shortcut ctrl+T, trus main ketik aja keyword di address bar, jadi ketika ada sesuatu yang diluar kebiasaan, maka saya coba (selagi bisa) kembali ke kebiasaan lama yang saya nyaman menggunakannya

Bagi anda yang memprioritaskan keamanan dalam berselancar (halah bahasa translatean banget, eheheh) maka disarankan mengaktifkan saja fitur avg safe search ini.

serta saya sebenarnya mengapresiasi team AVG yang merilis versi free pada antivirus mereka, tidak seperti anti virus lain yang kapitalis total, AVG memang layak untuk diapresiasi!

0 comments:

Posting Komentar

 

lafalofe Copyright © 2011 | Template design by O Pregador | Powered by Blogger Templates